A. Deskripsi

Kelompok Bidang Keahlian Asesmen Pembelajaran Kimia memfokuskan dharma pendidikan pada penguatan mata kuliah Evaluasi Belajar dan pembelajaran, Pengembangan Instrumen Asesmen, dan mata kuliah penunjang. Selanjutnya terkait dengan dharma penelitian dan pengabdian masyarakat, Kelompok Bidang Keahlian Asesmen Pembelajaran Kimia menguatkan penelitian dan pengabdiannya tentang Pembelajaran di SMP, SMA dan SMK serta Penilaian Autentik, Penilaian Keterampilan Proses Sains, Pendekatan dalam Asesmen, dan Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS.


B. Personalia

Ketua

Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S.

Professor in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

harunnasrudin@unesa.ac.id

KeahlianDevelopment of chemistry learning assessment instruments, Diagnostics of misconceptions in chemistry, Critical thinking skills. Models of Teaching and Learning

Kepala Sub Laboratorium

Dr. Muchlis, S.Pd.,M.Pd.

Assoc. Prof. in Chemistry Education

Scopus, ScholarSinta, ORCID

muchlis@unesa.ac.id

KeahlianPengembangan perangkat penilaian); Penerapan model pembelajaran inovatif, dan Implementasi assessment as learning dalam pembelajaran.

Anggota

Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd.

Professor in Biochemistry

ScopusScholarSintaORCID

rudianagustini@unesa.ac.id

KeahlianPembelajaran inovatif, Keterampilan proses sains, Penilaian pembelajaran kimia

Anggota

Rusmini, S.Pd., M.Si.

Assoc. Prof. in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

rusmini@unesa.ac.id

KeahlianArgumentasi, keterampilan proses sains, pemecahan masalah, dan Penilaian pembelajaran kimia

C. Road Map Penelitian



D. Road Map Pengabdian kepada Masyarakat



E. Research Project

1.      Pengembangan instrumen penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotor

2.      Pengembangan instrumen penilaian berbasis komputer.

3.      Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur HOTS.

4.      Pengembangan Guiding Book untuk membantu menerapkan assessment as learning

5.     Dampak Implementasi Assessment of, for dan as Learning Berbantuan Guiding Book terhadap Persepsi tentang Asesmen, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Kimia

6.      Pengembangan Instrumen penilaian Kinerja Siswa dalam Pembelajaran Sains SMP pada Materi Pokok Pemisahan Campuran.

7.      Pola Pergeseran Konsepsi Mahasiswa pada Pembelajaran Hukum Termodinamika Ke Nol dan Hukum Termodinamika Ke I.

8.      Pelatihan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 di SMP Lab School Unesa sebagai Upaya Penyempurnaan Proses Pembelajaran

9.      Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Kimia pada Pembelajaran Materi Termodinamika.

10.  Pengembangan Instrumen Tes Pelacakan Konsepsi untuk Memprevensi Miskonsepsi Mahasiswa dalam Perkuliahan Kimia Dasar

11.  Pelatihan Penilaian Keterampilan Proses Sains Bagi Guru SMA Mapel Kimia di Kabupaten Banyuwagi

12.  Shifting Patterns of Pre-Service Teachers’ Conceptions on Material of Colligative Properties of Solutions.

13.  Pengembangan LKM Materi Kimia Anorganik 3 Berbasis  Assessment as Learning

14.  Pengembangan LKM Berbasis Assessment As Learning Pada Matakuliah Kimia Dasar

15.  Pengembangan instrumen penilaian keterampilan metakognitif pada Matakuliah Kimia Dasar

16.  Implementasi Pembelajaran Berbasis Assessment As Learning Pada Matakuliah Kimia Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa 


F. Publikasi Artikel Tahun 2021