A. Deskripsi
Kelompok Bidang Keahlian
Asesmen Pembelajaran Kimia memfokuskan dharma pendidikan pada penguatan mata
kuliah Evaluasi Belajar dan pembelajaran, Pengembangan Instrumen Asesmen, dan
mata kuliah penunjang. Selanjutnya terkait dengan dharma penelitian dan
pengabdian masyarakat, Kelompok Bidang Keahlian Asesmen Pembelajaran Kimia
menguatkan penelitian dan pengabdiannya tentang Pembelajaran di SMP, SMA dan
SMK serta Penilaian Autentik, Penilaian Keterampilan Proses Sains, Pendekatan
dalam Asesmen, dan Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS.
B. Personalia
Ketua ![]() Prof. Dr. Harun Nasrudin, M.S. Professor in Chemistry Education Keahlian: Development of chemistry learning assessment instruments, Diagnostics of misconceptions in chemistry, Critical thinking skills. Models of Teaching and Learning |
Kepala Sub Laboratorium ![]() Assoc. Prof. in Chemistry Education Keahlian: Pengembangan perangkat penilaian); Penerapan model pembelajaran inovatif, dan Implementasi assessment as learning dalam pembelajaran. |
Anggota ![]() Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd. Professor in Biochemistry Keahlian: Pembelajaran inovatif, Keterampilan proses sains, Penilaian pembelajaran kimia |
Anggota ![]() Assoc. Prof. in Chemistry Education Keahlian: Argumentasi, keterampilan proses sains, pemecahan masalah, dan Penilaian pembelajaran kimia |
C. Road Map Penelitian
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s1pkimia/gallery/aaf35095-c18f-4681-8da5-ee48198967ba.png)
D. Road Map Pengabdian kepada Masyarakat
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s1pkimia/gallery/09ef7e10-da06-4c8d-9ebe-e795ab76d367.png)
E. Research Project
1. Pengembangan
instrumen penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotor
2. Pengembangan
instrumen penilaian berbasis komputer.
3. Pengembangan
instrumen penilaian untuk mengukur HOTS.
4. Pengembangan
Guiding Book untuk membantu menerapkan assessment as learning
5. Dampak
Implementasi Assessment of, for dan as Learning Berbantuan Guiding Book
terhadap Persepsi tentang Asesmen, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar
Mahasiswa Jurusan Kimia
6. Pengembangan
Instrumen penilaian Kinerja Siswa dalam Pembelajaran Sains SMP pada Materi
Pokok Pemisahan Campuran.
7. Pola Pergeseran
Konsepsi Mahasiswa pada Pembelajaran Hukum Termodinamika Ke Nol dan Hukum
Termodinamika Ke I.
8. Pelatihan
Penilaian Autentik Kurikulum 2013 di SMP Lab School Unesa sebagai Upaya
Penyempurnaan Proses Pembelajaran
9. Keterampilan
Berpikir Kritis Mahasiswa Kimia pada Pembelajaran Materi Termodinamika.
10. Pengembangan
Instrumen Tes Pelacakan Konsepsi untuk Memprevensi Miskonsepsi Mahasiswa dalam
Perkuliahan Kimia Dasar
11. Pelatihan
Penilaian Keterampilan Proses Sains Bagi Guru SMA Mapel Kimia di Kabupaten
Banyuwagi
12. Shifting Patterns
of Pre-Service Teachers’ Conceptions on Material of Colligative Properties of
Solutions.
13. Pengembangan LKM
Materi Kimia Anorganik 3 Berbasis
Assessment as Learning
14. Pengembangan LKM
Berbasis Assessment As Learning Pada Matakuliah Kimia Dasar
15. Pengembangan
instrumen penilaian keterampilan metakognitif pada Matakuliah Kimia Dasar
16. Implementasi Pembelajaran Berbasis Assessment As Learning Pada Matakuliah Kimia Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa