A. Deskripsi
Kelompok Bidang Keahlian
Media Pembelajaran Kimia memfokuskan dharma pendidikan pada penguatan mata
kuliah Pembelajaran Kimia Berbasis ICT, Pengembangan Media Pembelajaran
Kreatif, Media Permainan Kimia, Pengembangan Media Pembelajaran ICT, dan mata
kuliah penunjang. Selanjutnya terkait dengan dharma penelitian dan pengabdian
masyarakat, media pembelajaran menguatkan penelitian dan pengabdiannya tentang Online
Learning Media, Blended Learning, Interactive Multimedia, video based learning,
Shooting and Editing Learning Videos, Gammification for science media, Virtual
laboratory, Edutainment with game, e-module, and student worksheets.
B. Personalia
Ketua ![]() Assoc. Prof. in Chemistry Education Keahlian: Online Learning Media, Blended Learning, Interactive Multimedia, Virtual Laboratory, e-module |
Kepala Sub Laboratorium ![]() Dr. Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd. Assoc. Prof. in Chemistry Education kusumawatidwiningsih@unesa.ac.id Keahlian: Online Learning Media, Blended Learning, Interactive Multimedia, Virtual Laboratory, video based learning, Shooting and Editing Learning Videos, e-module |
Anggota ![]() Professor in Chemistry Education Keahlian: Gammification for science media, Virtual laboratory, Edutainment with game |
Anggota ![]() Assistant Prof. in Chemistry Education Keahlian: Online Learning, Interactive Multimedia, student worksheets, Module, Shooting and Editing Learning Videos |
C. Road Map Penelitian
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s1pkimia/gallery/eb4989c4-17df-42bc-b31f-013ceee6463f.png)
D. Road Map Pengabdian kepada Masyarakat
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s1pkimia/gallery/363ae917-fde6-4a8b-ac9c-8088f0079001.png)
E. Research Project
1.
Desain Model Laboratoium Virtual Kimia Anorganik Berbasis
Blended Learning untuk Meningkatkan Literasi Kimia
2.
Pemgembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Blended
Learning pada materi Ikatan Kimia
3.
Pemgembangan Materi Kuliah Daring Kimia Anorganik Unsur Transisi
di Jurusan kimia
4.
Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Pendekatan Structural
Equation Modeling (SEM) pada mahasiswa
Calon Guru Kimia
5.
Pengembangan Media Bedak (Pembelajaran Daring Kimia)
Sebagai Solusi Pembelajaran di Era New Normal
6.
Efektivitas Multimedia Interaktif (MMI) dan KIT dengan
Strategi Writing To Learn (WTL) dalam Pembelajaran IPA untuk Siswa Tuna
Rungu
7.
Melatihkan Keterampilan Proses Siswa dengan Menggunakan
Laboratorium Virtual pada Pembelajaran Asam-Basa-Garam
8.
Gamification for science learing media: Teacher
challengers and student expectation
9.
Virtual Laboratory Training As A Learning Media For
Chemistry Teachers
10. Development Of The Adventure Of Element Based On Role Playing Game As A
Learning Media On Element Chemistry Matter
11. The Development
of Chem Man Computer Game as Atomic Constituent Particles Learning Media For
10th Grade High School
12. Merancang Media
Pembelajaranm Kimia untuk Melatih Ecopreneurship pada Perkuliahan Pembelajaran
Kimia SMK
13. Melatih
Ecopreneurship Melalui Merancang Permainan Sebagai Media Pembelajaran Kimia
pada Perkuliahan Media Permainan Kimia
14. Peningkatan
Keterampilan Proses Sains Siswa dengan Menggunakan Laboratorium Visual Pada
Pembelajaran Asam-Basa-Garam
15. Pengembangan
FMIPA sebagai Pusat Distance Learning di Masa PSBB di Surabaya
16. Pengembangan
Perfumed Hand Sanitizer Aromatherapy Dalam Upaya Mencegah Persebaran Covid-19
17. Melatih
Ecopreneurship Melalui Merancang Permainan sebagai Media Pembelajaran Kimia
pada Perkuliahan Media Permainan Kimia