A. Deskripsi

Kelompok Bidang Keahlian Media Pembelajaran Kimia memfokuskan dharma pendidikan pada penguatan mata kuliah Pembelajaran Kimia Berbasis ICT, Pengembangan Media Pembelajaran Kreatif, Media Permainan Kimia, Pengembangan Media Pembelajaran ICT, dan mata kuliah penunjang. Selanjutnya terkait dengan dharma penelitian dan pengabdian masyarakat, media pembelajaran menguatkan penelitian dan pengabdiannya tentang Online Learning Media, Blended Learning, Interactive Multimedia, video based learning, Shooting and Editing Learning Videos, Gammification for science media, Virtual laboratory, Edutainment with game, e-module, and student worksheets.


B. Personalia

Ketua

Dr. Sukarmin, M.Pd.

Assoc. Prof. in Chemistry Education

Scopus, ScholarSintaORCID

sukarmin@unesa.ac.id

KeahlianOnline Learning Media, Blended Learning, Interactive Multimedia, Virtual Laboratory, e-module

Kepala Sub Laboratorium

Dr. Kusumawati Dwiningsih, S.Pd., M.Pd.

Assoc. Prof. in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

kusumawatidwiningsih@unesa.ac.id

KeahlianOnline Learning Media, Blended Learning, Interactive Multimedia, Virtual Laboratory, video based learning, Shooting and Editing Learning Videos, e-module

Anggota

Prof. Dr. Achmad Lutfi, M.Pd.

Professor in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

achmadlutfi@unesa.ac.id

KeahlianGammification for science media, Virtual laboratory, Edutainment with game

Anggota

Rusly Hidayah, S.Si.,M.Pd.

Assistant Prof. in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

ruslyhidayah@unesa.ac.id

KeahlianOnline Learning, Interactive Multimedia, student worksheets, Module, Shooting and Editing Learning Videos

C. Road Map Penelitian


D. Road Map Pengabdian kepada Masyarakat


E. Research Project

1.         Desain Model Laboratoium Virtual Kimia Anorganik Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Literasi Kimia

2.         Pemgembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Blended Learning pada materi Ikatan Kimia

3.         Pemgembangan Materi Kuliah Daring Kimia Anorganik Unsur Transisi di Jurusan kimia

4.         Analisis Technological Pedagogical  Content Knowledge (TPACK)  Berbasis Teknologi Informasi dan  Komunikasi (TIK) dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) pada mahasiswa  Calon Guru Kimia

5.         Pengembangan Media Bedak (Pembelajaran Daring Kimia) Sebagai Solusi Pembelajaran di Era New Normal

6.         Efektivitas Multimedia Interaktif (MMI) dan KIT dengan Strategi Writing To Learn (WTL) dalam Pembelajaran IPA untuk Siswa Tuna Rungu

7.         Melatihkan Keterampilan Proses Siswa dengan Menggunakan Laboratorium Virtual pada Pembelajaran Asam-Basa-Garam

8.         Gamification for science learing media: Teacher challengers and student expectation

9.         Virtual Laboratory Training As A Learning Media For Chemistry Teachers

10.    Development Of  The Adventure Of Element Based On Role Playing Game As A Learning Media On Element Chemistry Matter

11.    The Development of Chem Man Computer Game as Atomic Constituent Particles Learning Media For 10th Grade High School

12.    Merancang Media Pembelajaranm Kimia untuk Melatih Ecopreneurship pada Perkuliahan Pembelajaran Kimia SMK

13.    Melatih Ecopreneurship Melalui Merancang Permainan Sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Perkuliahan Media Permainan Kimia

14.    Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa dengan Menggunakan Laboratorium Visual Pada Pembelajaran Asam-Basa-Garam

15.    Pengembangan FMIPA sebagai Pusat Distance Learning di Masa PSBB di Surabaya

16.    Pengembangan Perfumed Hand Sanitizer Aromatherapy Dalam Upaya Mencegah Persebaran Covid-19

17.    Melatih Ecopreneurship Melalui Merancang Permainan sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Perkuliahan Media Permainan Kimia


F. Publikasi Artikel Tahun 2021