PLO memiliki keterkaitan dengan PEO, Tabel 1.2 memberikan gambaran seberapa kuat masing-masing PLO mendukung PEO.
Tabel 1.2 Hubungan antara Tujuan dan PLO UPCE
PEO 01 |
PEO 02 |
PEO 03 |
PEO 04 |
PEO 05 |
|
PLO-1 |
S |
NS |
NS |
NS |
S |
PLO-2 |
S |
NS |
NS |
NS |
S |
PLO-3 |
S |
NS |
NS |
NS |
S |
PLO -4 |
NS |
S |
NS |
NS |
S |
PLO -5 |
NS |
S |
NS |
NS |
S |
PLO -6 |
S |
S |
NS |
NS |
NS |
PLO -7 |
NS |
NS |
S |
NS |
S |
PLO -8 |
NS |
NS |
NS |
S |
S |
Tabel 1.3 Tabel 1.3 Program Learning Outcome (PLO) vs 6 level (level pendidikan sarjana) dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
PLO vs KKNI |
Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan keahliannya dan mampu beradaptasi berbagai situasi yang dihadapi menyelesaikan suatu masalah. |
Menguasai secara mendalam konsep teoritis umum dan spesifik dari pengetahuan tertentu serta mampu merumuskan prosedur pemecahan masalah |
Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan informasi dan analisis data serta memberikan arahan dalam memilih beberapa penyelesaian alternatif |
Bertanggung jawab atas pekerjaannya dan dapat diberikan tugas secara bertanggung jawab berkontribusi atas pencapaian kinerja organisasi |
PLO-1 |
|
√ |
|
|
PLO-2 |
√ |
|
|
|
PLO-3 |
√ |
|
|
|
PLO-4 |
√ |
|
|
|
PLO-5 |
√ |
|
|
|
PLO-6 |
|
√ |
|
|
PLO-7 |
|
|
√ |
|
PLO-8 |
|
|
|
√ |
Berdasarkan Tabel 1.3, PLO telah dirumuskan sesuai dengan 6 level standar kompetensi minimal yang dimiliki oleh sarjana. Semua PLO yang telah dirumuskan ditampung dalam mata kuliah. Setiap akhir semester dilakukan evaluasi pencapaian PLO dan dianalisis. Hasil analisis digunakan untuk pengembangan PLO selanjutnya.
Tabel 1.4 Program Learning Outcome (PLO) vs Subject Specific Criteria (SSC) ASIIN
Subject Specific Criteria (SSC) |
PLO |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
Specialist competences |
|
|
|
|
|
|
|
|
1. telah memperoleh pengetahuan dasar tentang matematika dan ilmu alam yang relevan dengan kimia |
√ |
|||||||
2. memiliki pengetahuan menyeluruh tentang mata pelajaran inti dari kimia meliputi kimia anorganik, kimia organik dan kimia fisik, serta kimia analitik |
√ |
|||||||
3. telah memperoleh pengetahuan di satu atau beberapa bidang khusus ilmu alam atau humaniora |
√ |
|||||||
4. mampu melaksanakan pekerjaan kimia praktik dan telah belajar bagaimana menangani bahan kimia secara mandiri dan aman dalam praktikum, |
√ |
|||||||
5. have knowledge of safety and environmental issues and the legal fundamentals, |
√ |
|||||||
6. telah memperoleh kompetensi metodologi di bidang kimia dan mampu menerapkannya di bidang lain |
√ |
|||||||
7. memiliki pengetahuan dan keterampilan interdisipliner, seperti di bidang ekonomi, etika, atau filsafat |
√ |
|||||||
8. memperoleh, menafsirkan, dan mengevaluasi data yang relevan secara ilmiah dan teknis, dan menarik kesimpulan yang masuk akal, dengan mempertimbangkan beberapa temuan ilmiah, teknologi, dan etika |
√ |
|||||||
9.
memecahkan masalah yang bersifat ilmiah/ berorientasi aplikasi pada kehidupan nyata secara mandiri, dan untuk mempresentasikan hasil, seperti, |
√ |
|||||||
10. mengikuti pembelajaran sepanjang hayat. |
√ |
|||||||
Social competences |
||||||||
11. mampu berkomunikasi dengan rekan kerja maupun dengan masyarakat luas, tentang konten dan masalah yang terkait dengan kimia, dalam bahasa asing dan antar budaya |
√ |
|||||||
12. menyadari tanggung jawab sosial dan tindakan beretika dan akrab dengan prinsip etika profesional dan standar kimia, |
√ |
|||||||
13. mampu bekerja sendiri dan sebagai anggota kelompok internasional, tanpa genderare able to work both
alone and as a member of international, kelompok gender beragam |
√ |
|||||||
14. mengenal prinsip-prinsip dasar untuk melakukan proyek dan mampu mengembangkannya |
√ |
Berdasar PEO, Program Sarjana Pendidikan Kimia (UPCE) memiliki PLO untuk lulusan yang disajikan pada Tabel 1.5
Tabel 1.5 PLOs of UPCE
NO |
ASPEK |
PLO |
KODE |
1 |
PENGETAHUAN |
PLO-01. Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait konsep teoritis tentang struktur, dinamika, dan energi, serta prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis, dan karakterisasi bahan kimia |
KNO-1 |
PLO-02. Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik kimia dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia |
KNO-2 |
||
2 |
KETERAMPILAN (SKILL) |
PLO-03. Menguasai prinsip kesehatan dan keselamatan kerja, mengelola laboratorium, menggunakan peralatan dan mengoperasikan alat/instrumen kimia |
SKI-1 |
PLO-04. Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, mempelajari dan mengembangkan media pembelajaran kimia dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi |
SKI-2 |
||
3 |
KOMPETENSI (COMPETENCIES) |
PLO-05. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam rangka pengembangan atau penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian yang menghargai dan mengaplikasikan humaniora dalam menyelesaikan masalah yang sesuai dengan pendidikan kimia |
COM-1 |
PLO-06. Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, merancang dan melaksanakan penelitian, menulis laporan ilmiah dan mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan |
COM-2 |
||
4 |
SIKAP DAN SOSIAL (ATTITUDE AND SOCIAL) |
PLO-07. Mampu mengambil keputusan berdasarkan data / informasi dalam rangka menyelesaikan tugas yang bertanggung jawab dan mengevaluasi kinerja secara individu maupun kelompok, memiliki jiwa kewirausahaan berwawasan lingkungan. |
SOC-1 |
PLO-08. Mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan ilmu kimia, belajar terus menerus dan berkembang sepanjang hayat dengan melanjutkan pendidikan formal maupun informal. |
SOC-2 |