A. Deskripsi

Kelompok Bidang Keahlian Inovasi dan Praktek Pembelajaran Kimia memfokuskan dharma pendidikan pada penguatan mata kuliah Teori Belajar, Pengembangan Bahan Ajar, Kimia Sekolah, Pembelajaran Inovatif, Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro,  Pembelajaran Kimia SMK, dan mata kuliah penunjang. Selanjutnya terkait dengan dharma penelitian dan pengabdian masyarakat, Kelompok Bidang Keahlian Inovasi dan Praktek Pembelajaran kimia menguatkan penelitian dan pengabdiannya tentang keahlian:, Innovative Learning, Thinking Skills, Green Chemistry, Metacognitive Skill, Self-Regulated Learning, Problem-Solving, scientific literation, dan argumentation skills.


B. Personalia

Ketua

Prof. Dr. UtiyaAzizah, M.Pd.

Professor in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

utiyaazizah@unesa.ac.id

KeahlianLearning theory development, Inovative Learning, Thinking Skills, Metacognitive Skills, Self-Regulated Learning, Problem-Solving.

Kepala Sub Laboratorium

Findiyani E. Asih,S.Pd., M.Pd.

Instructor in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

findiyaniasih@unesa.ac.id

KeahlianScientific argumentation, misconception in chemistry, character building, chemistry representation

Anggota

Dr. Mitarlis, S.Pd.,M.Si.

Assoc. Prof. in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

mitarlis@unesa.ac.id

KeahlianLearning theory development, Inovative Learning, Thinking Skills, Green Chemistry, scientific literacy.

Anggota

Dr. Rosalina EkaPermatasari, M.Pd.

Teaching Staff in Chemistry Education

Scopus, ScholarSintaORCID

rosalinapermatasari@unesa.ac.id


C. Road Map Penelitian



D. Road Map Pengabdian kepada Masyarakat



E. Research Project

  1. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berorientasi “Group Investigation Cooperative” untuk Memberdayakan Kecakapan Berpikir.
  2. Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kimia Dasar Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir
  3. Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif, Kemandirian Belajar dan Penguasaan Konsep Kimia
  4. Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kimia Dasar Berbasis Metakognitif untuk Membangun Kemandirian Belajar dan Memprevensi Miskonsepsi
  5. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Kimia Dasar Berwawasan Green Chemistry dalam Rangka Mewujudkan Green Education
  6. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Dasar I Berbasis Problem Solving secara Blended Learning.
  7. Eksplorasi Perubahan Konseptual dan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Berbasis Problem-Solving
  8. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah
  9. Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kimia untuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi
  10. Pembelajaran berwawasan Kimia Hijau dengan Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka dan Mewujudkan Green Economy
  11. Pengembangan Model Pembelajaran Creative Collaborative with Critical Experience Learning (3CEL) untuk Meningkatkan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Kimia
  12. Keterampilan Argumentasi Mahasiswa melalui Case Study, Project Based Learning dan Problem Based Learning sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19


F. Publikasi Artikel Tahun 2021