A. DESKRIPSI

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Filsafat dan Kurikulum Pendidikan Kimia memfokuskan dharma pendidikan pada penguatan mata kuliah Filsafat IPA, Dasar Kependidikan, Telaah Kurikulum Sekolah, Perencanaan Pembelajaran, Manajemen Sekolah, dan mata kuliah penunjang kelompok Bidang Keahlian. Selanjutnya terkait dengan dharma penelitian dan pengabdian masyarakat, KBK Filsafat dan Kurikulum Pendidikan Kimia menguatkan penelitian dan pengabdiannya tentang philosophy of science, nature of science, curriculum development, K13, misconceptions in chemistry, diagnostic test, conceptual change, scientific argumentation, science in special-need education, chemistry-local wisdom, dan chemistry and religion.


B. PERSONALIA

Ketua KBK


Prof. Dr. Suyono, M.Pd.

Professor in Education Chemistry

ScopusScholarSintaORCID

suyono@unesa.ac.id

Keahlianphilosophy of science, nature of science, curriculum development, misconceptions in chemistry, conceptual change, scientific argumentation


Kapala Sub Laboratorium

Dian Novita, S.T., M.Pd.

Assistant Prof. in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

diannovita@unesa.ac.id

Keahlianphilosophy of science, misconceptions in chemistry, diagnostic test, conceptual change

Anggota

Bertha Yonata, S.Pd.,M.Pd.

Assistant Prof. in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

berthayonata@unesa.ac.id

Keahlianmisconceptions in chemistry, diagnostic test, conceptual scientific argumentation 

Anggota

Dr. Rinaningsih,S.Pd., M.Pd.

Assistant Prof. in Chemistry Education

ScopusScholarSintaORCID

rinaningsih@unesa.ac.id

Keahliandiagnostic tests, Chemistry-local wisdom, chemistry and religion


C. Road Map Penelitian




D. Road Map Pengabdian kepada Masyarakat



E. Research Project

  1. Pengembangan Modul Conceptual Change untuk Konsep-Konsep Kimia yang Menyebabkan Miskonsepsi Tinggi pada Mahasiswa Calon Guru.
  2. Pengembangan Modul Elektronik Berbantuan Website untuk Mereduksi Miskonsepsi Kimia Mahasiswa S2 Prodi Pendidikan Sains
  3. Pengembangan Bahan Kuliah Terstruktur pada Mata Kuliah Kimia Fisika 3 Untuk Memfasilitasi Keterampilan Proses Sains, Berargumentasi, dan Pemecahan Masalah
  4. Kemampuan Argumentasi Mahasiswa Kimia Dalam Menilai Fenomena Viral Dari Jejaring Sosial
  5. Implementasi Model Perkuliahan Sorogan-Bandongan Kimia Organik Serta Dampaknya pada Penguasaan Konsep, Tanggung Jawab, Kemandirian, dan Keterbukaan
  6. Pengaruh Visualisasi Statis dan Analogi di Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konseptual dan Keterampilan Argumentasi Siswa pada Materi Elektrokimia
  7. Konsistensi, Relevansi, dan Kepraktisan Buku Referensi Perumusan Kerangka Berpikir
  8. Penerapan Lembar Kerja Remediasi Representation-Metacognitive Reinforcement Conceptual Change Model (R-MR CCM) untuk Mereduksi Miskonsepsi Calon Guru Kimia pada Materi Kesetimbangan Kimia
  9. Identifikasi, Penggunaan, dan Perluasan Analogis Anchoring Conceptions dan Self Regulation untuk Mencegah Miskonsepsi Siswa, Calon Guru, dan Guru pada Kesetimbangan Kimi
  10. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Conceptual Change untuk Mereduksi Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Kinetika Kimia
  11. Pengembangan Lembar Kerja Remediasi Conceptual Change untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa dan Calon Guru pada Materi Kimia.


F. Publikasi Artikel Tahun 2021