Struktur kurikulum dirancang berdasarkan visi dan misi
lembaga, saran stakeholders, KKNI, SSC ASIIN, Level Kompetensi PLO, dan Profil
Lulusan. Berdasarkan PEO, S1-Program Studi Pendidikan Kimia (UPCE) memiliki PLO
dari lulusan yang disajikan pada Tabel.
Tabel. PLO dari S1-Pendidikan Kimia
NO |
ASPEK |
PLO |
KODE |
1 |
KNOWLEDGE |
PLO-01. Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait konsep teoritis tentangstruktur, dinamika, dan energi, serta prinsip dasar pemisahan,analisis, sintesis, dan karakterisasi bahan kimia |
KNO-1 |
PLO-02. Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik kimia dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia |
KNO-2 |
||
2 |
SKILL |
PLO-03. Menguasai prinsip kesehatan dan keselamatan kerja, mengelolalaboratorium, menggunakan peralatan dan mengoperasikan alat/instrumenkimia |
SKI-1 |
PLO-04. Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, mempelajari dan mengembangkan media pembelajaran kimia dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi |
SKI-2 |
||
3 |
COMPETENCIES |
PLO-05. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam rangka pengembangan atau penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian yang menghargai dan mengaplikasikan humaniora dalam menyelesaikan masalah yang sesuai dengan pendidikan kimia |
COM-1 |
PLO-06. Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, merancang dan melaksanakan penelitian, menulis laporan ilmiah dan mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan |
COM-2 |
||
4 |
ATTITUDE AND SOCIAL |
PLO-07. Mampu mengambil keputusan berdasarkan data / informasi dalam rangka menyelesaikan tugas yang bertanggung jawab dan mengevaluasi kinerja secara individu maupun kelompok, memiliki jiwa kewirausahaan berwawasan lingkungan |
SOC-1 |
PLO-08. Mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan ilmu kimia, belajar terus menerus dan berkembang sepanjang hayat dengan melanjutkan pendidikan formal maupun informal |
SOC-2 |
Keterkaitan mata kuliah dan PLO pada aspek knowledge, skill, competencies, attitude and social disajikan pada Gambar 1.1, Gambar 1.2, Gambar 1.3 dan Gambar 1.4.
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s1pkimia/file/da386ec8-aaa2-48aa-998e-abbf78206d77.jpeg)
Gambar 1.1 Roadmap mata kuliah yang mendukung aspek knowledge (PLO-1 dan PLO-2)
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s1pkimia/file/9fc9d6a1-2b41-4ce8-b079-6ce6f6b71414.jpeg)
Gambar 1.2 Roadmap mata kuliah yang mendukung aspek skills (PLO-3 dan PLO-4)
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s1pkimia/file/b02bcf04-b5f6-4e75-8eec-14b6233094a1.jpeg)
Gambar 1.3 Roadmap mata kuliah yang mendukung aspek competencies (PLO-5 dan PLO-6)
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s1pkimia/file/8e309a6f-1b72-4bac-9298-ce07df07b176.jpeg)
Gambar 1.4 Roadmap mata kuliah yang mendukung aspek attitude dan social (PLO-7 dan PLO-8)