Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) sebagai bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan memberikan pengalaman kebhinekaan nusantara dan sistem alih kredit antarperguruan tinggi yang setara dengan 20 SKS. Program ini berlangsung selama satu semester yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dan diikuti oleh berbagai universitas negeri dan swasta di dalam negeri.
Mahasiswa UPCE yang berasal dari kelas unggulan angkatan 2020 berhasil mengikuti PMM-DN Skema 3 daring (Hasil kombinasi perkuliahan di PT tujuan, PT Asal, dan PT mitra). Rincian MK yang diprogram di beberapa kampus sebagai berikut:
Mahasiswa | Universitas | Mata Kuliah | Dosen Pengampu |
Moch. Rafiansyah Haidar (NIM) Karina Ristya Suryawan (NIM 20030194046) Carolina Samadhi (NIM) | Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang (PT Tujuan) | Perencanaan Pembelajaran Kimia (2 SKS) | Dr. Hartono, M.A Eka Ad’hiya, S.Pd., M.Pd. Maefa Eka Haryani, S.Pd., M.Pd. |
Biokimia (3 SKS) | Drs. Made Sukaryawan, M.Si. Dr.Diah Kartika Sari, M.Si. |
Statistik Pendidikan (3 SKS) | Dr. Effendi, M.Si. Dr.Fuad Abd Rachman, M.Pd |
Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta (PT Mitra) | Kimia Organik (3 SKS) | Dr.-Ing. Teguh Ariyanto, S.T., M.Eng Lisendra Marbelia, S.T., M.Sc., Ph.D |
Universitas Tanjungpura (Untan), Pontianak (PT Mitra) | Manajemen Laboratorium (2 SKS) | Rody Putra Sartika, S.Pd., M.Pd. |
Proses Pembelajaran di Universitas Sriwijaya (Unsri) menggunakan platform zoom, sedangkan untuk pengumpulan tugas melalui google classroom dan E-Learning UNSRI. Ada 8 pertemuan sebelum UTS dan 6 pertemuan sebelum UAS. Sistematika UTS dan UAS diberikan soal Essay, dikerjakan dengan tulis tangan dan discan. Kegiatan pembelajaran pada MK Biokimia dilengkapi dengan tugas individu (Tugas Mandiri) dan tugas kelompok (LKM dan Video). Kegiatan pembelajaran MK Perencanaan Pembelajaran Kimia dilakukan melalui diskusi secara berkelompok, selain itu terdapat kuliah tamu yang menghadirkan narasumber dari SMA Negeri 5 Palembang dengan tema implementasi kebijakan baru dalam kurikulum. Kegiatan pembelajaran MK Statistik Pendidikan dilakukan melalui latihan individu dan diskusi berkelompok, selain itu ada kuliah tamu yang membahas tema statistik tambahan dalam kehidupan nyata. Berikut dokumentasi pembelajaan beberapa MK melalui program PMM di Unsri:
Gambar 1. Dokumentasi Pembelajaran pada MK Perencanaan Pembelajaran Kimia
Gambar 2. Dokumentasi Pembelajaran pada MK Biokimia
Gambar 3. Dokumentasi Pembelajaran pada MK Statistik Pendidikan
Proses Pembelajaran di Universitas Gajah Mada (UGM) menggunakan platform LMS “Spadadikti”, Ms.Teams, Zoom, dan E-LOK SSO UGM. Buku panduan materi menggunakan “Solomons Organic Chemistry” dengan metode pembelajaran yang unik pada MK Kimia Organik. Sebelum perkuliahan dimulai, mahasiswa harus memahami materi yang diberikan oleh dosen melalui video pembelajaran. Saat perkuliahan dimulai, dosen hanya mereview materi, kemudian setiap akhir pertemuan diberikan quiz (melalui ELOK UGM) untuk mengukur pemahaman materi dari mahasiswa. Selain itu, dosen juga memberikan tugas individu. Ada 7 pertemuan sebelum UTS dan 7 pertemuan sebelum UAS. Berikut dokumentasi pembelajaan MK Kimia Organik melalui program PMM di UGM:
Gambar 4. Dokumentasi Pembelajaran pada MK Kimia Organik
Proses Pembelajaran di Universitas Tanjungpura (Untan) menggunakan platform G-Meet dan LMS “Spadadikti” sebagai tempat pengumpulan tugas. Pembelajaran dilakukan secara individu dan kelompok. Kegiatan pembelajaran MK Manajemen Laboratorium lebih menekankan pada praktik daripada teori. Ada 7 pertemuan sebelum UTS dan 7 pertemuan sebelum UAS. Setiap akhir pertemuan terdapat quiz (tes) dan tugas individu/ kelompok. Berikut dokumentasi pembelajaan MK Manajemen Laboratorium melalui program PMM di Untan:
Gambar 5. Dokumentasi Pembelajaran pada MK Manajemen Laboratorium