KUALIFIKASI PROFIL LULUSAN S1-PENDIDIKAN KIMIA

No

Profil
Lulusan

Kualifikasi

1

Guru Kimia

  • Tenaga pengajar kimia profesional: lulusan harus mampu menangani beberapa permasalahan pembelajaran kimia secara komprehensif, menyelesaikan secara individu, berkelompok maupun klasikal, serta memberikan pembelajaran kimia yang berkualitas dan berkesinambungan yang dilaksanakan di dalam kelas atau institusi berdasarkan data dan analisis ilmiah.
  • Pengambil Keputusan: lulusan harus mampu merencanakan, bertindak (melakukan), dan memeriksa (mengevaluasi) pembelajaran secara akurat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia.
  •  Komunikator: lulusan harus mampu mempromosikan model pembelajaran kimia yang terkini (terkini), efektif dan aplikatif, teori pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan konteks budaya, ekonomi, dan kearifan lokal, sehingga proses dan hasil pembelajaran kimia proses dapat ditingkatkan.

2

Manajer Institusi Pendidikan

  • Pemimpin Komunitas: dikarenakan kehormatan dan kepercayaan masyarakat setempat, lulusan sebagai alumni pendidikan kimia dapat berperan memotivasi masyarakat untuk ikut serta meningkatkan kualitas pendidikan.
  • Manajer: individu lulusan dapat bekerja secara efektif dan harmonis dengan sesama, baik di dalam maupun di luar penyelenggaraan sistem pendidikan untuk mengetahui trend perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3

Peneliti

  • Lulusan dapat berperan sebagai peneliti profesional di bidang pendidikan kimia yang selalu mampu mengembangkan diri secara tepat sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan perkembangan melalui kemajuan ilmu pengetahuan dan penelitian.

4

Pengusaha

  • Lulusan memiliki kepekaan terhadap kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga memiliki kreativitas dan inovasi untuk melakukan perubahan serta memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia.