Struktur kurikulum dirancang berdasarkan visi dan misi lembaga, saran stakeholders, KKNI, SSC ASIIN, Level Kompetensi PLO, dan Profil Lulusan. Berdasarkan PEO, S1-Program Studi Pendidikan Kimia (UPCE) memiliki PLO dari lulusan yang disajikan pada Tabel.
                                                                             
Tabel. PLO dari S1-Pendidikan Kimia

NO

ASPEK

PLO

KODE

1

KNOWLEDGE

PLO-01.          Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait konsep teoritis tentangstruktur, dinamika, dan energi, serta prinsip dasar pemisahan,analisis, sintesis, dan karakterisasi bahan kimia

KNO-1

PLO-02.          Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik kimia dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia

KNO-2

2

SKILL

PLO-03.          Menguasai prinsip kesehatan dan keselamatan kerja, mengelolalaboratorium, menggunakan peralatan dan mengoperasikan alat/instrumenkimia

SKI-1

PLO-04.          Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, mempelajari dan mengembangkan media pembelajaran kimia dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi

SKI-2

3

COMPETENCIES

PLO-05. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam rangka pengembangan atau penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian yang menghargai dan mengaplikasikan humaniora dalam menyelesaikan masalah yang sesuai dengan pendidikan kimia

COM-1

PLO-06. Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, merancang dan melaksanakan penelitian, menulis laporan ilmiah dan mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan

COM-2

4

ATTITUDE AND SOCIAL

PLO-07. Mampu mengambil keputusan berdasarkan data / informasi dalam rangka menyelesaikan tugas yang bertanggung jawab dan mengevaluasi kinerja secara individu maupun kelompok, memiliki jiwa kewirausahaan berwawasan lingkungan

SOC-1

PLO-08. Mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan ilmu kimia, belajar terus menerus dan berkembang sepanjang hayat dengan melanjutkan pendidikan formal maupun informal

SOC-2


Keterkaitan mata kuliah dan PLO pada aspek knowledge, skill, competencies, attitude and social disajikan pada Gambar 1.1, Gambar 1.2, Gambar 1.3 dan Gambar 1.4.

Gambar 1.1 Roadmap mata kuliah yang mendukung aspek knowledge (PLO-1 dan PLO-2)



Gambar 1.2 Roadmap mata kuliah yang mendukung aspek skills (PLO-3 dan PLO-4)


Gambar 1.3 Roadmap mata kuliah yang mendukung aspek competencies (PLO-5 dan PLO-6)


Gambar 1.4 Roadmap mata kuliah yang mendukung aspek attitude dan social (PLO-7 dan PLO-8)


Klik di sini, untuk mengunduh Summary Curriculum